Bagaimana Menjaga Kesehatan Otak ?

BAGAIMANA MENJAGA KESEHATAN OTAK ANAK ANDA ?

Otak adalah Pengatur segalanya, termasuk koordinasi tubuh dan organ, tindakan, perasaan, pikiran, analisa dll,

Oleh karena itu Kesehatan Otak harus dijaga dengan baik.

Berdasarkan hasil penelitian Roger Sperry pada tahun 1960-an, otak dibagi menjadi hemisfer kiri dan hemisfer kanan, yang mempunya struktur dan fungsi yang berbeda.

Hemisfer Kiri berfungsi untuk hal-hal yang urut, detail ke global, membaca, tersruktur, dapat di prediksi, untuk menganalisa dll, sedangkan Hemisfer Kanan biasanya bersifat acak/random, global ke detail, holistik, alamiah, dan menyenangi hal-hal yang mengandung seni, warna, abstrak, dll.

Saat kerja, Otak juga mengeluarkan gelombang atau Brainwave, gelombang itu bisa dibagi menjadi gelombang Beta terjadi saat kita dalam keadaan sadar, melakukan aktivitas sehari-hari yang membutuhkan konsentrasi tinggi, kemudian ada gelombang Alfa, biasanya saat kita dalam keadaan rileks tapi waspada,  kemudian gelombang Theta, saat keadaan sangat rileks, meditatif dan gelombang Delta, saat kita tidur tanpa mimpi.

Saat bekerja ternyata Otak butuh juga bahan bakar utama yaitu Oksigen dan Glukosa. Semakin banyak bekerja, semakin Otak membutuhkan bahan bakar. Oleh sebab itu, untuk bisa mendapatkan hasil kerja yang optimal, jumlah kedua komponen ini harus cukup. Oksigen dan Glukosa yang tidak seimbang dalam darah akan mengakibatkan rasa lelah dan mengantuk.

Makanan yang mengandung Glukosa (terutama buah) dalam jumlah yang memadai akan sangat membantu meningkatkan kemampuan dan akurasi memori Otak, perhatian dan konsentrasi belajar serta fungsi motorik.

Air minum putih ( plain water ) juga sangat diperlukan Otak, bukan soft drink, teh, kopi atau sejenisnya, karena air sangat berguna untuk menjaga kesehatan Otak terutama untuk kecepatan transmisi signal neuron dalam Otak.

Jumlah air yang cukup dalam tubuh juga akan membantu paru-paru kita dalam proses mentransfer Oksigen ke dalam aliran darah.

Sebenarnya dalam proses belajar di sekolahpun, anak perlu diberi kesempatan untuk membawa air minum ke dalam kelas, sehingga kapanpun mereka merasa haus, mereka bisa minum air putih yang telah mereka siapkan itu. Nah itu akan sangat membantu mensuplai cairan ke dalam tubuh.

Pada saat mau ujian atau sekolah dianjurkan pula untuk tidak makan terlalu kenyang, karena akan banyak darah yang terkonsentrasikan untuk membantu proses pencernaan, akibatnya suplai darah ke Otak akan berkurang, dan ini akan menyebabkan mengantuk. Kemudian, jumlah karbohidrat yang berlebihan akan menaikkan kadar gula dalam darah, ini juga dapat mengakibatkan Anak mengantuk akibatnya hasil pembelajaran tidak akan maksimal.

Dan jangan lupa tetap riang gembira dan Rileks.

Selamat menjaga kesehatan Otak….!!!

 
  • Calendar icon November 12, 2012
  • Category icon News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*